Langsung ke konten utama

Subscribe My Youtube Channel

Monumen Pancasila Sakti Yang Menyimpan Sejarah Bangsa

Asalamualaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
Salam Sejahtera buat kita semua

Salam kenal dari gue bro dan sis dimana pun kalian berada.


Dipostingan perdana dalam blog ini gue mau berbagi cerita tentang pangalaman gue saat berkunjung ke museum pancasila yang ada di jakarta. Buat kalian yang belum tau museum pancasila, nih gue kasih info dikit, museum pancasila ini menggambarkan atau saksi bisu dari kejadian G30S PKI, tau dong gerakan atau organisasi ini. Buat yang gak tau mungkin kurang gaul atau waktu mata pelajaran IPS atau Sejarah sering gak fokus. hee..hee..hee..

Mungkin itu sekilas tentang sejarahnya, cerita detailnya ? silahkan googling atau buka lagi buku sejarahnya.

Meseum ini terletak di Jakarta Timur tepatnya di Jl. Monumen Pancasila Sakti No.1, RW.9, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13810.


Alamat dan petunjuknya ini bisa temukan di mbah google. jadi kalian bisa menggunakan GPS bantuan google saat dalam perjalanan menuju ke museum ini.


Saat tiba nanti, di pintu gerbang kalian harus membayar tiekt atau karcis masuk, berapa ? murah kok jadi kalian cukup membayar Rp. 4.000 untuk 1 orang dan untuk kendaraan (Mobil) kalian cukup membayar Rp. 5.000 , gimana ? Murahkan.

Museum ini lumayan luas jadi lumayan capek sanking luas nya bahkan lahan parkirnya juga cukup luas dan ada kantin juga nih buat kalian yang mungkin laper setelah menjelajah museum ini.

Ada apa aja di Museum Pancasila ini ? nih kita kasih tau, di museum ini ada banyak tempat yang bisa kalian explore yaitu :
  1. Sumur Maut
  2. Rumah Bersejarah
  3. Tugu, Patung & Relief
  4. Museum Pengkhianatan
  5. Pakaian bekas darah
Sekarang kita bahas satu persatu dan kita mulai dari :

Sumur Maut

Ukuran sumur ini kedalamannya 12M dengan diameter 75CM kebayang gak gimana sempitnya sumur ini ? disumur inilah para pahlawan  kita dimasukkan dan beliau - beliau ini  terdiri dari :
Let. Jend. Ahmad Yani, Let. Jend. Suprapto, Let. Jend. M.T Haryono, Let. Jend. S Parman, Myr. Jend Pandjaitan, Myr. Jend Sutoyo dan Kapt, Pierre


Setelah mengunjungi sumur ini, bergeser sedikit kita ke sebelahnya, jarak cuma beberapa langkah kita akan tiba di bangunan yang di sebut :

Serambi Penyiksaan


Dibangunan ini kita bisa lihat ada beberapa patung yang menggambarkan kejadian di masa itu, seolah kita diajak ke mesin waktu mundur kebelakang pada saat itu terjadi.


Kenapa ? karena posisi patung ini di buat sesuai dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari para pelaku.


Kemudian, kita bergeser ladi sedikit ke bangungan yang ada di samping nya yaitu :

Tugu, Patung & Relief


Patung ini adalah ketiga pahlawan nasional kita yang tadi gue sampaikan diawal sob dan di belakangnya ada simbol negara kita, apalagi kalau bukan Garuda.

Tepat di bawah tugu ini terdapat relef yang kurang lebih menceritakan secara singkat kejadian di masa itu.


Dan tugu ini juga merupakan salah satu daya tarik pengunjung dan tempat banyak pengunjung selfie dan kita pun juga gak ketinggalan untuk selfie apalagi latar belakangnya Garuda dan Patung para pahlawan.


Sumur maut, Serambi penyiksaan dan Tugu ini jaraknya berdekatan jadi kita bisa dapat banyak wawasan didalam satu lokasi, kemudia setelah mengunjungi ketiga lokasi ini, kita bergeser agak jauh, lumayanlah jaraknya, kemana ? kita ke Museum Pengkhiatanan.

Jaraknya lumayan jauh untuk ke museum ini tapi gak perlu khawatir, kenapa ? karena di tengah perjalanan kita banyak menemukan kendaraan roda 4 atau mobil yang di gunakan di masa itu. Menarik nih karena kita bisa lihat secara langsung mobil yang digunakan oleh angkatan bersnjata kita dimasa itu.



Beberapa langkah dari lokasi ini, akhirnya kita tiba di :

Museum Pengkhianatan
Ada apa aja disini ??? banyak guys, didalam museum ini kita akan melihat banyak foto - foto gambaran pada saat kejadian, selain foto, banyk jugga miniatur - miniatur yang menceritakan kejadian di masa itu yang seolah - olah mereka adalah saksi bisu dari kejadian tersebut.



Masuk nya bayar lagi gak ? gak kok guys karena semua perjalan ini udah 1 paket jadi gak perlu bayar lagi.

Museum ini laus banget banget, jadi banyak hal yang bisa kalian explore dan pastinya kita bakal dapat banyak pengetahuan soal sejarah bangsa kita khusunya kejadian G30SPKI ini.


Setelah gue rasa cukup puas untuk mengelilingi mmuseum ini, gue pun berjalan menuju tempat tujuan terakhir gue yaitu :

Pakaian Bekas Darah

Udah kebayang dong apa yang bakal gue temukan disana ? yap.. tepat sekali, kita menemukan banyak seragam para korban yang masih ada bercak darahnya, tujuannya pasti bukan buat nakut - nakutin ya tapi untuk menggambarkan gimana penyiksaan yang dialami oleh para pahlawan di masa itu.

Darahnya asli ? dari info yang gue dapat, ya darahnya memang asli dan diawetkan. Didalam ruangan ini kalian juga bisa meneukan seragam dan senjata yang digunakan pada saat itu.

Dan berakhir sudah perjalanan kita kali ini, gimana ? tertatik berkunjung ke museum pancasila ? liburan murah, cocok untuk keluarga karena kita bisa berlibur sambil belajar menambah wawasan karena menurut gue ini cocok buat semua kalangan dewasa maupun anak - anak


buat yang tertarik mau nyoba liburan yang satu ini, alamatnya udah gue lampirkan diatas. tapi karena gue baik, nih gue kasih lagi...

Jl. Monumen Pancasila Sakti No.1, RW.9, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13810.

Harga tiket masuk Rp.4.000 aja perorang dan untuk kendaraan roda 4 hanya Rp.5.000 aja.
Murahkan ? 

oke, sekian dulu Jejak Kami kali ini, terima kasih banget yang udah mampir ke blog ini dan udah baca dari awal sampai akhir, semoga tulisan ini bermanfaat.

Jangan lupa juga, di share tulisan atau blog ini ke teman dan keluarga kalian, karena Jejak Kami bakal selalu update lokasi - lokasi wisata menarik lainnya.

Buat kalian yang punya saran tempat wisata menarik yang bisa Jejak Kami kunjungi silhkan info di kolom komentar.

Sekian dari Jejak Kami. 
Salam Jejak.
Wassalam ...

Komentar

  1. Saran ada beberapa kata yang typo sama fotonya di large in aja


    Tp selebihnya bagus

    Kunjungi balik yah gan,

    https://aisurunihongo.blogspot.com/2020/08/lirik-terjemahan-yorushika-tada-kimi-ni.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sarannya gan. dan makasih jg atas kunjungannya

      Hapus

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Postingan Populer

Windows Boot Manager Error 0xc000000e atau 0xc000000f ? Ini Solusinya

Halo guys, selamat malam dan selamat datang di website  atau blog Jejak Kami, tempat dimaan kalian bisa mendapatkan informasi tentang lokasi atau tempat wisata dan juga tempatnya berbagi ilmu seputar  dunia teknologi. Dimalam hari ini, karena saya membuat tulisan ini di malam hari, dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi the boot selection failed because a required device is inaccessible atau cara mengatasi windows boot manager error 0xc00000e. Ada yang pernah mengalami ini atau sedang mengalaminya ? Saya sengaja membahas hal ini karena baru saja mendapat pertanyaan dari seorang teman yang sedang menghadapi masalah ini di perangkatnya dan memang ini belum sempat saya bahas dan karena memang website atau blog ini mempunyai tujuan berbagi ilmu, maka saat yang tepat nih untuk kita bahas.  Gimana sih cara mengatasinya atau apa sih solusinya ? ada beberapa cara yang bisa kita lakukan tapi sebelum kita mulai, jangan lupa ya guys ubtuk follow instagram ku dan juga subs