Langsung ke konten utama

Subscribe My Youtube Channel

Cara membuat bootable Windows menggunakan Flashdisk dan Rufus

Mau install windows tapi gak punya CD ROM ? kamu bisa install windows / Linux tanpa CD ROM, caranya ? ya dengan aplikasi Rufus.

apa aja yang di butuhkan ? yang di butuhkan adalah Flashdisk minimal 8GB, File ISO Windows yang akan diinstal dan Aplikasi Rufus, Rufus bisa kalian download cukup dengan mengetikkan Rufus di kotak pencarian seperti Google dan lainnya. menggunakan Rufus Portable dan yang terakhir dan ini bagian terpenting, pastikan kalian telah memiliki file ISO dari OS yang ingin kalian install. 

Catatan : Pastikan Flashdisk yang digunakan dalam keadaan kosong ya karena Flashdisk ini  akan di format oleh Rufus.

Setelah ISO OS, Flasdisk dan Rufus kalian miliki, sekarang saatnya membuat Bootable OS yang diinginkan.

  1.  Buka aplikasi Rufus, tampaliannya seperti berikut  (Tamplian Rufus akan berbeda - beda tergantung  pada versinya) :

Berikut tampilan Rufus


2. Setelah Aplikasi Rufus telah di buka, pada "Device" Klik tombol panah kecil disebelah kanannya kemudian arahkan ke Flashdisk yang akan kalian gunakan. Jangan sampai salah pilih device ya karena bisa beresiko kehilangan data.

3. Langkah ketiga "Boot Selection", di sini kalian diminta untuk memasukkan File ISO windows yang akan kalian install, caaranya  klik "Select" dan cari File ISO nya kemudian Pilih.

4. Pada "Partition Scheme" kita harus memilih type yang akan kita buat apakah GPT atau MBR dan ini 
kita sesuaikan dengan perangkat yang akan kita install windows didalamnya.

5. Dan yang terakhir Klik tombol "Start" dan tunggu sampai selesea dengan keterangan 100%.

Selesai.



Akan tetapi kaadang pada saat kita menekan tombol "Start" akan muncul Notif seperti ini (Gambar), Cukup tekan "Yes". Notif ini muncul karena Flashdisk yang kita gunakan harus di Format terleih Dulu oleh Rufus.





  


Komentar

Postingan Populer

Windows Boot Manager Error 0xc000000e atau 0xc000000f ? Ini Solusinya

Halo guys, selamat malam dan selamat datang di website  atau blog Jejak Kami, tempat dimaan kalian bisa mendapatkan informasi tentang lokasi atau tempat wisata dan juga tempatnya berbagi ilmu seputar  dunia teknologi. Dimalam hari ini, karena saya membuat tulisan ini di malam hari, dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi the boot selection failed because a required device is inaccessible atau cara mengatasi windows boot manager error 0xc00000e. Ada yang pernah mengalami ini atau sedang mengalaminya ? Saya sengaja membahas hal ini karena baru saja mendapat pertanyaan dari seorang teman yang sedang menghadapi masalah ini di perangkatnya dan memang ini belum sempat saya bahas dan karena memang website atau blog ini mempunyai tujuan berbagi ilmu, maka saat yang tepat nih untuk kita bahas.  Gimana sih cara mengatasinya atau apa sih solusinya ? ada beberapa cara yang bisa kita lakukan tapi sebelum kita mulai, jangan lupa ya guys ubtuk follow instagram ku dan juga subs