Langsung ke konten utama

Subscribe My Youtube Channel

Tutorial cara Install Windows 7 Disertai Gambar

Kali ini gue akan berbagi trik gimana cara meng-install OS Windows (windows 7) secara lengkap. Pastikan kalian telah memiliki DVD Windows yang mau kalian install atau kalian bisa membuat Bootable USB dengan menggunakan Rufus dan File ISO. Jika kalian memiliki salah satu dari keduanya sekarang mari kita simak caranya.

Dalam kasus ini, gue menggunakan USB Bootabble Windows, ikuti langkah berikut :

Baca juga : Cara membuat bootable windows menggunakan flashdisk dan Rufus
  •  Nyalakan PC atau Laptop dan Masuk ke BIOS dengan menekan secara cepat "Del" atau "F10"  atau "F12" atau Esc ataupun F2. 
 Catatan : 
Ada beberapa merk yang harus menambahkan tombol "Fn", jadi tiap PC atau Laptop berbeda - beda.  

  • Saat di dalam BIOS, pilih menu "Boot", kemudian didalam menu Boot ini kalian arahkan ke ""Boot Option 1" kemudian tekan Enter dan arahkan ke FlashDisk yang digunakan untuk Install Windows 7 atau pilih DVD jika kalian menggunakan DVD.




Catatan :
Dalam Bios tidak dapat menggunakan Mouse dan hanya bisa menggunakan tombol Arah. 

  • Setelah itu pastikan Flashdisk yang kalian pilih berada di posisi pertama seperti gambar berikut :



  • Langkah selanjutnya adalah pilih menu "Save & Exit" kemudian pilih "Save Change & Exit" dan Pilih "Yes" dengan menekan "Enter"

Catatan :
Tampilan tiap BIOS berbeda - beda tapi pengalaman gue pribadi, cukup mudah menemukan menu Boot di berbagai BIOS karena tujuan dari langkah ini adalah kita akan  menentukan perangkat yang di prioritaskan atau First Boot saat PC atau Laptop pertama kali dinyalakan, misal menggunakan Flashdisk maka kita harus melakukan setelan di BIOS agar saat PC melakukan Booting akan secara otomatis mengarahkan PC ke Flashdisk bagitupun juga jika kalian menggunakan DVD, kalian harus menjadikan DVD sebagai Boot Priority atau First Boot di dalam BIOS.




  • Selanjutnya PC atau Laptop akan melakukan Restart dan Jika langkah diatas berhasil, maka tampilan awal akan seperti berikut, dan tunggu sampai proses Loading selesai.



  • Setelah proses Load selesai maka, akan tampil Menu Utama dari Windows 7, yang harus dilakukan di tahap ini adalah hanya satu yaitu Klik Menu "Time and Currency format" dan Pilih Indonesia karena PC atau Laptop ini digunakan di Indonesia atau kalian bisa sesuaikan dengan negara tempat tinggal kalian dan kemudian Klik tombol "Next"


  • Selajutnya, ini langkah yang paling mudah, cukup Klik "Install Now"


  • Kemudian akan tampil menu seperti berikut, dimenu ini kalian diminta untuk memilih Windows 7 apa yang ingin kalian gunakan dan juga berapa bit ? dalam contoh kasus ini gue menggunakan Windows 7 Pro 32 Bit maka Klik Windows 7 Pro x86. Kemudian Klik "Next"



  • Ditahap ini kalian cukup memberi tanda centang dengan cara Klik kolom yang berada di samping "I Accept the license terms" kemudian klik tombol "Next"


  • Selanjutnya akan tampil menu "Which Type of Installation do you want ?" dan ada 2 pilihan yaitu "Upgrade" dan "Custom". Dalam kasus ini pilih "Custom". 


  • Saat klik Custom maka kalian akan langsung berada di menu "Where do you want to install windows" , app yang harus dilakukan ? yang harus dilakukan adalah membagi partisi pada harddisk. Dalam kasus ini Harddisk dalam kondisi utuh dan belum dibagi untuk Local Disk C dan Local Disk D atau lainnya maka harus kita bagi terlebih dahulu dengan cara : klik "Drive option (Advanced)", Klik "New", Kemudian pada Kolom "Size" ketikkan besar kapasitas (Local Disk C) yang kaliam inginkan dan terakhir klik tombol "Apply".  Dalam kasus ini Kapasitas Harddisk 1TB kemudian kita sisihkan 350Gb untuk partisi C dimana Windows 7 dan program lainnya akan diinstal kedalam partisi ini.






Catatan :
Saat memberi Ruang untuk Local Disk C ini Sebaiknya kalian memberikan Ruang yang lebih kecil dibandingkan dengan ruang Local Disk D misal kapasitas Harddisk kalian adalah 500GB bagi menjadi 200Gb untuk C dan 300Gb untuk D. Apa perbedaan C dan D ? Local Disk C adalah ruang untuk file windows 7 dan juga ruang untuk file aplikasi yang akan di instal didalam windowd 7 seperti Office dan lainnya dan Local Disk D adalah ruang untuk menyimpan file kalian pribadi.


  • Seleteh klik tombol "Apply" maka akan muncul tampilan berikut, yang perlu dilakukan adalah cukup klik tombol OK dan tampilan selanjutnya akan menampilkan hasil dari pembagian partisi.



  • Pilih dengan cara Klik "Disk 0 Partition 2" atau yang menandakan keterangan "primary'  kemudian klik tombol "Next".
dan kita akan masuk ke dalam proses install, yang perlu di lakukan hnaya menunggu hingga proses install selesai bahkan saat PC melakukan proses restart kita tidak perllu melakukan apapun dan hanya menunggu. Berikut hal - hal yang akan kalian temukan saat proses install ini berjalan :

















  • Seletah semua proses diatas selesai maka, akan muncul tampilan awal dari Windows 7, ditahap awal ini kalian harus mengetikkan nama komputer sesuai dengan  yang kalian inginkan. Kemudian klik Next. Dan kemudian ketikkan password yang kalian inginkan tapi jika kalian rawa tidak perlu membuat password maka langsung saja klik lagi tombol Next.




  • Tahap selanjutnya adalah input atau mengetikkan Product Key dari Windows 7 yang kalian miliki yang menandakan bahwa Windows 7 yang kalian install adalah ASLI. Kemudian Klik Next. Atau proses ini bisa dilakukan nanti setelah semua proses Install Windows 7 ini benar - benar selesai jadi silahkan klik Skip.


  • Selanjutnya adalah menentukan pengaturan keamanan, Jika tidak begitu paham tentang keamanan komputer sebaiknya memilih "Recommended Settings".

  • Selanjutnya adalah menentukan wilayah, tanggal dan jam, pastikan pilih wilayah yang sesuai dengan wilayah kalian saat ini maka tanggal dan jam akan menyesuaikan secara otomatis



Catatan : 
Kadang setelah pilih wilayah, maka jam dan tanggal tidak menyesuaikan dengan cara otomatis, jika ini terjadi kalian dapat merubahnya secara manual.

  • Setelah memastikan wilayah, tanggal dan jam telah sesuai dengan yang kalian inginkan maka klik tombol Next dan selanjutnya tunggu sampai proses loading selesai.


Begitu proses loading selesai, selesai pula tahap install windows 7 ini.



Berakhirnya proses ini bukan berarti gak ada yang perlu dilakukan lagi, sekedar berbagi tips, selanjutnya install semua Driver PC atau Laptop kalian agar kinerjanya lebih maksimal dan jangan lupa untuk input Product Key Windows 7 kalian. 

Sekian Tips dan Trik kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, request tips dan trik selanjutnya  silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah atau melalui email yang ada di Contact Me.

Terima Kasih udah mampir, jangan lupa di share untuk berbagi ilmu.
Salam Jejak Kami.

Komentar

Postingan Populer

Windows Boot Manager Error 0xc000000e atau 0xc000000f ? Ini Solusinya

Halo guys, selamat malam dan selamat datang di website  atau blog Jejak Kami, tempat dimaan kalian bisa mendapatkan informasi tentang lokasi atau tempat wisata dan juga tempatnya berbagi ilmu seputar  dunia teknologi. Dimalam hari ini, karena saya membuat tulisan ini di malam hari, dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi the boot selection failed because a required device is inaccessible atau cara mengatasi windows boot manager error 0xc00000e. Ada yang pernah mengalami ini atau sedang mengalaminya ? Saya sengaja membahas hal ini karena baru saja mendapat pertanyaan dari seorang teman yang sedang menghadapi masalah ini di perangkatnya dan memang ini belum sempat saya bahas dan karena memang website atau blog ini mempunyai tujuan berbagi ilmu, maka saat yang tepat nih untuk kita bahas.  Gimana sih cara mengatasinya atau apa sih solusinya ? ada beberapa cara yang bisa kita lakukan tapi sebelum kita mulai, jangan lupa ya guys ubtuk follow instagram ku dan juga subs