Langsung ke konten utama

Subscribe My Youtube Channel

Cara mengganti password WiFi indihome, myrepublic, first media dan lainnya

Di era saat ini internet telah menjadi kebutuhan bagi semua kalangan baik itu tua, muda bahkan anak kecil sekalipun. Bahkan hampir di tiap lokasi kita pasti menemukan label atau sticker bertuliskan "Free WiFi" baik itu di restoran, sekolah, kampus bahkan di toilet sekalipun.

buat kalian yang baca postingan ini pasti  kalian memiliki akses internet di rumah dari berbagai penyedia layanan internet dan pastinya terlintas dipikiran kalian  bukan hanya tentang dia, dia ? ya, dia dan pasti kalian membaca ini karena kalian ingin tau gimana caranya mengganti password WiFi yang kalian punya saat ini.

Langkah yang sangat bagus ketika kalian rutin mengganti password WiFi secara berkala demi mencegah dari orang yang gak ikut patungan bayar tagihan bulanan ikut menggunakan internet yang tersedia, misal 3 bulan sekali, 2 bulan sekali atau 1 bulan sekali atau terserah kalian tapi sebaiknya jangan 3 kali sehari, ingat ini ganti password WiFi bukan minum obat resep dokter.

baiklah, sebelum kita masuk dalam inti bahasan, perlu kalian ketahui dalam contoh kali ini saya menggunakan modem/router WiFi merk huawei HG8245H dan provider internet yang saya gunakan adalah MyRepubl*c.

Buat yang menggunakan type modem/router merk dan provider internet berbeda pada dasarnya hampir semua tetap bisa mengikuti panduan ini karena pengalaman saya menggunakan berbagai macam router/modem hanya berbeda pada tampilan menu, username dan password saja.

Sebelum mengganti password WiFi, pastikan kalian terhubung pada WiFi tersebut dan berikut langkahnya, mari disimak.

Baca juga : 2 Cara Menjadikan HP sebagai WiFi atau Modem untuk bisa akses Internet disertai gambar

1. Ketahui Default Gateway
Default Gateway ini gak akan saya bahas disini, default gateway terdiri dari beberapa macam tapi tiap perangkat hanya memiliki 1 default gateway misal 192.168.1.1 atau 192.168.100.1 atau 192.168.0.1 dan kalian hanya perlu mengetahui default gateway pada jaringan kalian untuk bisa mengakses halaman login untuk ke pengaturan WiFi, cara mengetahui default gateway adalah :


  • Ketik CMD pada kolom search windows
  • klik aplikasi Commond Prompt
  • pada command prompt ketik ipconfig dan enter
  • Scroll kebawah sampai kalian menemukan Default Gateway 192.168.100.1 /  192.168.1.1 dan lainnya tapi dalam contoh kali ini default gateway saya adalah 192.168.100.1




2. Login melalui browser (misal Google Chrome / Mozilla / opera atau yang lainnya)
Setelah mengetahui defaul gateway, buka browser dan ketikkan 192.168.100.1 (sesuaikan dengan default gateway masing - masing) dan tekan enter

kemudian masukkan account/username dan password dan klik Login

Gimana kalau gak tau username dan passwordnya ? silahkan cek pada bagian bawah Router/modem harusnya disana terdapat keterangan : Username dan password, Tiap perangkat memiliki default username dan password misal username : admin dan password admin atau pada contoh ini default username nya : telecomadmin dan default passwordnya admintelecom.


3. Ganti Password
Setelah berhasil login, kita akan menumkan banyak menu tapi gak akan saya bahas disini, cukup klik menu WLAN scroll kebawah sampai menemukan "Preshared/Key" dan kolom yang ada di samping kanannya adalah tempat dimana kita menggan password yang lama dengan password yang baru sesuai dengan keinginan dan klik tombol "Apply" dan terakhir klik LogOut di sudut kanan atas.


Setelah klik tombol Apply maka secara otomatis semua perangkat akan terputus dari WiFi dan harus menghubungkan dari awal dengan memasukkan password yang baru.

Catatan : 
cara ini bisa dilakukan di laptop ataupun di smartphone dan khusus smartphone dan jika gak tau default gateway WiFi kalian bisa mencoba satu persatu mengakses di browser beberapa IP default gateway seperti 192.168.100.1 atau 192.168.1.1 atau 192.168.0.1 atau 192.168.0.100 di browser kalian satu persatu sampai muncul halaman login.

Buatlah password yang didalamnya terdapat angka, karakter, huruf besar atau kecil.

Gimana, mudah kan ? kalo ada pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar di bawah.
Nihh .. gue kasih tutorial dalam bentuk video Cara mengganti password klik Disini
Jangan lupa di Subscribe, Like dan Share ya guys


Terima kasih udah berkunjung, jangan lupa di share, komen dan follow IG saya.
Sekian, salam jejak kami

Wassalam ...

Komentar

Postingan Populer

Windows Boot Manager Error 0xc000000e atau 0xc000000f ? Ini Solusinya

Halo guys, selamat malam dan selamat datang di website  atau blog Jejak Kami, tempat dimaan kalian bisa mendapatkan informasi tentang lokasi atau tempat wisata dan juga tempatnya berbagi ilmu seputar  dunia teknologi. Dimalam hari ini, karena saya membuat tulisan ini di malam hari, dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi the boot selection failed because a required device is inaccessible atau cara mengatasi windows boot manager error 0xc00000e. Ada yang pernah mengalami ini atau sedang mengalaminya ? Saya sengaja membahas hal ini karena baru saja mendapat pertanyaan dari seorang teman yang sedang menghadapi masalah ini di perangkatnya dan memang ini belum sempat saya bahas dan karena memang website atau blog ini mempunyai tujuan berbagi ilmu, maka saat yang tepat nih untuk kita bahas.  Gimana sih cara mengatasinya atau apa sih solusinya ? ada beberapa cara yang bisa kita lakukan tapi sebelum kita mulai, jangan lupa ya guys ubtuk follow instagram ku dan juga subs