Langsung ke konten utama

Subscribe My Youtube Channel

Kenalan dengan Lisensi Windows Sebelum Membeli

Selamat datang di Jejak Kami, disini kalian dapat menemukan Tulisan perjalanan dan catatan teknologi Informasi, dikesempatan kali ini saya akan membahas sesuatau yang berhubungan dengan windows, apa itu ? sebelumnya jangan lupa sediakan kopi buat jadi teman kalian ya guys, dan saya mau mengingatkan, jangan lupa untuk follow instagram dan juga subscribe channel youtube ku ya guys, akun ada di header blog ini. 

Oke lanjut, sMau beli windows ? pahami perbedaan lisensi windows terlebih dahulu. Saya akan membahas 4 lisensi windows, sekedar informasi, buat teman teman yang belum tau ya, setiap aplikasi yang di buat untuk pc atau smartphone, pasti memiliki lisensi, yang dibuat agar sebisa mungkin terhindar dari pembajakan dan juga menandakan software atau aplikasi yang digunakan dengan disertakan lisensinya adalah original dan dipakai dalam status legal. 
Apa aja lisensi yang dimiliki windows ? dan apa aja perbedaan dari lisensi windows ? kuy kita mulai membahasnya.


1. Retail atau Full Packaged Product
Lisensi pertama adalah lisensi Retail, atau dikenal dengan full packaged product jenis lisensi Windows yang bisa diperoleh di Microsoft Store atau toko - toko yang menjual lisensi Windows secara resmi ya guys. 

Lisensi ini biasanya produk yang terdiri dari Kotak atau Box dengan gambar Windows, CD atau Disk, Buku panduan atau Manual Book, dan tentunya ada Product Key yang digunakan untuk aktivasi Windows. Tapi sekedar informasi, kalo beli secara online, sangat besar kemungkinan hanya akan dapat product key aja guys, Beda jenis lisensi beda juga kelebihan dan kekurangannya.

Yang menjadi kelebihan dari lisensi retail ini adalah dapat dipasang pasang pada satu perangkat komputer dan bisa dipindahkan ke perangkat atau komputer lainnya. 

Tapi,ingat jenis lisensi ini gak bisa digunakan di lebih dari satu perangkat Laptop atau komputer diwaktu yang bersamaan. sampai sini paham guys ??? klo belum, seruput dulu kopinya, oke saya jelasin, jadi gini, 

misal, saya punya dua laptop A dan B, dan saya memasang sudah lisensi ini di laptop A, pertanyaannya, bisa atau tidak, lisensi ini saya pasang lagi di laptop B ? jawabannya tidak bisa, karena lisen ini sudah terpasang di laptop A, gimana caranya agar bisa di pasang ? caranya, hapus dulu lisensi yang terpasang di A, kemudian pindahkan ke B, gitu guys. 

Ada kelebihan pasti ada kekuragnan, apa kekurangan dari lisensi retail windows ? kekurangannya adalah harganya yang mahal. 

Lanjut ke lisensi kedua, yaitu :

2. OEM atau Original Equipment Manufacture
OEM ya guys bukan oh my god, ada yang beli laptop atau komputer dan udah ada windwos didalamnya ? lisensi OEM adalah lisensi yang diterbitkan perusahaan vendor Laptop yang dibeli tersebut guys. 

Lisensi tertanam di hardware laptop atau komputer tersebut, jadi kalian bisa cek di laptop atau komputer kalian, cek pada product key akan kalian temukan tulisan OEM diantara product key tersebut.

Apa kelebihan dari lisensi OEM, kelebihannya yaitu, kita gak perlu lagi beli cd ata software windows, apa kekurangan dari lisensi OEM ? kekurangannya kalau ada masalah kerusakan, gak bisa komplain ke windows ya guys, hanya bisa komplain ada di service ke pihak brand dari perangkat tersebut.

Kekurangan yang selanjutnya adalah, lisensi ini gak bisa di pindahkan ke perangkat lain seperti lisensi Retail, jadi lisensi ini khusus untuk satu perangkat aja.

Lisensi yang selanjutnya adalah :

3. Lisensi Volume
Lisensi satu ini lisensi yang serba bisa, maksudnya adalah lisensi yang bisa digunakan di lebih dari satu perangkat atau lebih dalam waktu yang bersamaan, tapi jenis lisensi ini di buat dan ditujukan untuk perusahaan atau perkantoran, untuk berapa jumlah total yang dapat menggunakannya, tergantung dari quota lisensinya.

Apa kelebihan dari lisensi volume ? kelebihannya tentu saja lisensi ini bisa digunakan di banyak perangkat pada waktu yang bersamaan. apa kekurangan lisensi Volume ? hanya di peruntukan untuk perusahaan dan dalam persyaratan lisensi ini tidak boeh digunakan untuk keperluan pribadi guys. 


4. Lisensi Crack atau Bajakan
Gak lengkap rasanya kalau gak bahas lisensi jenis ini, mungkin buat yang belum tau tapi udah pernah dengar, di "Crack aja" , ini kalimat yang mungkin ssering kalian dengar, jenis lisensi macam apa ini ? ini adalah lisensi yang tidak dikeluarkan oleh windows, lisensi ini menggunaan aplikasi atau program dari pihak ketiga untuk meng aktivasi windows dengan melanggar aturan yang beraku.

Jadi saya gak merekomendasikan teman untuk menggunakan ini ya. 

Kesimpulan :
Beda Lisensi beda harga, beda lisensi beda juga tujuan penggunaannya, masing - masing memiliki kelebihan dan juga kekurangan, pilih lisensi sesuai dengan kebutuhan dan ingat selalu untuk gunakan lisensi resmi yang telah dikeluarkan oleh microsoft ya guys. 

Terkahir, saya lengkapi dengan cara mengecek lisensi yang terpasang di komputer atau laptop kalian gunakan sekarang, cara nya :

1. Buka Command Prompt dengan cara klik kanan di command prompt dan klik Run As Administrator.


2. Ketik slmgr -dli dan tekan Enter, kemudian akan muncul tampilan berikut :

Ini adalah contoh Lisensi OEM, karena jelas tertera keterangan OEM ya guys.

Oke, gimana pembaahasan kali ini ? semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian ya guys, kalo misal ada kesalahan mohon maaf ya guys, ada yang mau ditambahkan ? silahkan di kolom komentar. 

Jangan lupa untuk share artikel ini ya guys, biar semakin banyak juga yang tau. Jangan lupa sering mampir ke blog ini ya dan terima kasih. 

Salam Jejak Kami

Komentar

Postingan Populer

Windows Boot Manager Error 0xc000000e atau 0xc000000f ? Ini Solusinya

Halo guys, selamat malam dan selamat datang di website  atau blog Jejak Kami, tempat dimaan kalian bisa mendapatkan informasi tentang lokasi atau tempat wisata dan juga tempatnya berbagi ilmu seputar  dunia teknologi. Dimalam hari ini, karena saya membuat tulisan ini di malam hari, dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi the boot selection failed because a required device is inaccessible atau cara mengatasi windows boot manager error 0xc00000e. Ada yang pernah mengalami ini atau sedang mengalaminya ? Saya sengaja membahas hal ini karena baru saja mendapat pertanyaan dari seorang teman yang sedang menghadapi masalah ini di perangkatnya dan memang ini belum sempat saya bahas dan karena memang website atau blog ini mempunyai tujuan berbagi ilmu, maka saat yang tepat nih untuk kita bahas.  Gimana sih cara mengatasinya atau apa sih solusinya ? ada beberapa cara yang bisa kita lakukan tapi sebelum kita mulai, jangan lupa ya guys ubtuk follow instagram ku dan juga subs