Langsung ke konten utama

Subscribe My Youtube Channel

Windows Boot Manager Error 0xc000000e atau 0xc000000f ? Ini Solusinya


Halo guys, selamat malam dan selamat datang di website 
atau blog Jejak Kami, tempat dimaan kalian bisa mendapatkan informasi tentang lokasi atau tempat wisata dan juga tempatnya berbagi ilmu seputar  dunia teknologi.

Dimalam hari ini, karena saya membuat tulisan ini di malam hari, dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi the boot selection failed because a required device is inaccessible atau cara mengatasi windows boot manager error 0xc00000e. Ada yang pernah mengalami ini atau sedang mengalaminya ?

Saya sengaja membahas hal ini karena baru saja mendapat pertanyaan dari seorang teman yang sedang menghadapi masalah ini di perangkatnya dan memang ini belum sempat saya bahas dan karena memang website atau blog ini mempunyai tujuan berbagi ilmu, maka saat yang tepat nih untuk kita bahas. 

Gimana sih cara mengatasinya atau apa sih solusinya ? ada beberapa cara yang bisa kita lakukan tapi sebelum kita mulai, jangan lupa ya guys ubtuk follow instagram ku dan juga subscribe channel youtube ku, untuk ID nya ada di header blog ini. Ok mari kita mulai.

Sebelum masuk ke dalam solusi, kita harus tau terlebih dulu penyebab munculnya error windows boot manager error 0xc000000e ini, dan ini beberapa sebab yang saya ketahui, kalo ada yang menambahkan boleh di kolom komentar guys.


1. Kerusakan pada Sector boot 

2. Hard Disk usang atau rusak


Error 0xc000000e ini muncul saat proses booting windows maka gak heran jika kemungkinan paling besar terjadi masalah pada harddisk. Sekedar informasi, error ini sering terjadi pada perangkat yang menggunakan dual boot.

Nah, sekarang apa solusinya ?

1.  Lakukan Pengecekkan Prioritas Boot BIOS

Kita mulai dari yang paling sederhana ini, masuk ke BiOS dan pengaturan parameter boot danatur atau pilih prioritas boot sistem. caranya, restart perangkat dan saat mulai aktif atau tampil layar hitam tekan  Del atau F8, F1, dll untuk masuk ke BIOS, tombol tergantung merk masing - masing perangkat.

Setelah berada di BIOS, pilih tab Boot dan buka Boot Device Priority, dan Pilih hard disk sebagai prioritas booting atau kata mudahnya jadikan hdd berada di posisi 1 dan kemudian tekan F10 atau save dan restart perangkat.

Solusi pertama gagal ? coba solusi kedua,


2. Mengembalikan Konfigurasi Boot Windows

Catatan : Sebelum melakukan langkah kedua ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu :

DVD instalasi windows atau bootable windows sesuai yang dengan versi windows yang digunakan pada perangkat yang mengalami error.


Baca Juga : Cara mudah membuat bootable windows dengan rufus dan flashdisk


  • Masukkan CD Windows jika kalian menggunakan DVD Windows, Pasangkan USB Flashdisk jika menggunakan Flashdisk
  • restart ulang komputer atau laptop terlebih dahulu.
  • Setelah itu booting ke DVD  jika menggunakan DVD, booting ke USB jika menggunakan Flashdisk
  • Pada tampilan Windows Setup , atur semua layaknya akan melakukan instalasi windows. Namun jangan klik Install Now.
  • Lihat Di sudut kiri bawah, Ada Pilihan  : Repair Your Computer
  • Klik Repair your computer
  • Klik Troubleshoot
  • Klik Advanced Options
  • klik  Command Prompt

DiCommand Prompt, ketik Perintah Berikut ini :

bcdedit kemudian tekan Enter.

hasilnya akan tampil konfigurasi  Windows Boot Manager

Perhatikan device dan osdevice apakah isinya unknown. Jika ya maka ketik perintah berikut untuk melakukan setting kembali bootingnya ke drive C.

  • bcdedit /set {DEFAULT.EN_US} device partition=c:  ENTER.
  • bcdedit /set {DEFAULT.EN_US} osdevice partition=c:  ENTER.
  • bcdedit /set {BOOTMGR.EN_US} device partition=c:  ENTER.
Kemudian lakukan restart.

Masih belum berhasil ? Lanjut ke Solusi yang ketiga.

3. Mengembalikan atau membangun Konfigurasi Boot Windows tahap kedua

Kenapa saya menuliskan tahap kedua ? karena Cara ketiga ini mirip dengna cara kedua, perbedaannya hanya terletak pada perintah di command prompt.

Pada saat membuka command prompt, ketik perintah berikut :

bootrec /scanos dan Enter
bootrec /fixmbr dan Enter
botrec /fixboot dan Enter
bootrec /rebuildbcd dan Enter

Kemudian lakukan Restart.


4. Install Ulang Windows
Jika cara atau solusi diatas telah dilakukan dan masih tetap gagal atau tidak memecahkan masalah, maka solusi lainnya adalah melakukan install ulang windows.



5.  Mengganti Harddisk
Langkah ini khusus untuk kalian yang memang kondisi hardisknya terbilan usang dan memang tidak ada data penting didalamnya, mengingat salah satu penyebab dari error ini adalah kondisi harddisk maka mengganti harddisk dengan yang baru atau yang kondisinya lebih layak bisa menjadi solusi.

Oke guys inilah beberapa solusi cara mengatasi the boot selection failed because a required device is inaccessible status 0xc000000e yang bisa kalian coba dan semoga membantu dan bermafaat ya guys.

Cikup sekian pembahasan kali ini, silahkan di share artikelnya dan jangan lupa untuk sering - sering berkunjung ke website atau blog ini.

Sekian, Salam Jejak Kami

Komentar

Postingan Populer

Liburan Murah dan ekonomis ? Kebun Raya Bogor Jadi Pilihan Liburan Terjangkau

Halo dan selamat malam guys, gimana kabarnya ? semoga dimanapun kalian, selalu dalam kondisi baik dan sehat ya. Lama gak nulis karena kesibukan yang satu dan lain hal, sekarang diriku balik lagi nih, kali ini akan membahas tentang salah satu lokasi wisata yang ada di jawa barat yaitu kota bogor, salah satu destinasi wisata yang terjangkau dan murah di bogor yaitu Kebun Raya Bogor. Tentu bukan sekali atau dua kali saya ke lokasi ini, sudah beberapa kali dan tentu ada perubahan atau perbaikan ya yaang dilakukan oleh pengelola.  ada apa saja di kebun raya bogor ? Mari kita bahas secara singkat namun tetap informatif. Oke mulai dari pintu gerbang, waktu saya ke sana bertepatan hari libur ya alias weekend jadi tentunya udah pasti rame, jadi ada antrian kendaraan di pintu masuk tapi gak lama kok ngantrinya, pada saat di pnti masuk kita harus melakukan pembayaran atau membeli tiket masuk. Berapa ? Tenang gak sampe harus jual rumah kok, untuk rinciannya kalian bisa lihat pada gambar ini. Oke,

Kenal lebih Dekat Dengan OS Open Source Linux

 Selamat Pagi, Siang, Sore atau malam tergantung kalian membaca artikel ini diwaktu yang mana guys. Dikesempatan kali ini saya akan coba membahas 5 hal tentang Linux dan semoga ini bisa menambah wawasan kalian semua atau bisa jadi bahan pertimbangan untuk menggunakan OS Linux. Sebelumnya, saya udah pernah membahas tentang  Perbedaan Windows dan Linux secara umum dan singkat . Tapi dikesempatan kali ini saya secara khusus akan fokus membahas tentang Operating system Linux. Beberapa hal yang perlu diketahui tentang Linux adalah Linux memiliki banyak versi atau disebut Distro Linux, misalnya seperti Mint, Ubuntu, CentOS dan masih banyak lagi dan dari sekian banyak distro sebaiknya kalian kenali dulu distro tersebut dan sesuai dengan kebutuhan kalian sebelum memilih dan menggunakan. Oke sekian basa basinya, sekarang yuk kenalan dengan Linux : 1. Linux adalah OS Open Source Linux open source artinya klo bahasa saya adalah berlisensi bebas, dengan begitu kode sumber dari linux itu sendiri bi